Roketsan Turki Sukses Uji Coba Rudal Atmaca Varian Pertahanan Pantai

Roketsan Turki Sukses Uji Coba Rudal Atmaca Varian Pertahanan Pantai

Netizen yang budiman tentu tahu tentang rudal Atmaca, yakni rudal anti kapal produksi Roketsan, manufaktur persenjataan kampiun asal Negeri Ottoman. Setelah serangkaian uji coba penembakan dilakukan dari atas kapal perang permukaan, ada kabar terbaru, bahwa Roketsan telah sukses meluncurkan rudal Atmaca dari platform kendaraan taktis di darat (land based variant).

Baca juga: AL Turki Lakukan Uji Tembak Atmaca, Rudal Anti Kapal Produksi Dalam Negeri

Ini sekaligus Atmaca meraih label layaknya RK-360MC Neptune, yaitu sebagai rudal anti kapal – pertahanan pantai. Dikutip dari Navalnews.com (4/7/2022), Kementerian Pertahanan Turki dan Roketsan mengumumkan uji coba peluncuran Atmaca dari platform truk. Dari tayangan video, sebuah truk 8×8 (kemungkinan dari jenis Kamaz buatan Rusia) dimuati dengan empat tabung rudal dan menembakkan rudal tersebut ke arah laut.

Kemhan Turki dalam siaran pers mengklaim uji coba penembakan Atmaca land based variant berlangsung sukses dengan menyasar target di Laut Hitam.

Berbeda dengan varian yang diluncurkan dari kapal perang, maka rudal Atmaca land based variant dilengkapi dengan sistem pemandu infrared. Para pejabat tidak mengungkapkan informasi tentang sistem infrared pada rudal dalam uji tembak ini, tetapi tangkapan layar di bawah ini menunjukkan sedkit perbedaan di bagian hidung rudal.

Atmaca land based variant.
Atmaca naval variant.

Pada pameran pertahanan IDEF 2021 di Istanbul, Roketsan telah meluncurkan “Kara Atmaca”, yaitu varian darat-ke-darat (land-to-land variant) Atmaca, yang akan memiliki pemand infrared dan jangkauan lebih jauh dari varian saat ini.

Atmaca disebut sebagai rudal anti kapal yang melesat pada level kecepatan subsonic Mach 0.85 dan terbang pada ketinggian sea skimming. Disokong microturbo engine Safran TR40, Atmaca punya jarak tembak hingga 200 km. Bobot rudal ini mencapai 800 kg, sudah termasuk dengan berat hulu ledak 250 kg high-explosive penetrating.

Baca juga: Swedia Pasok RBS-17 ke Ukraina – Rudal Anti Kapal Jarak Pendek Varian dari Hellfire

Rudal Atmaca punya panjang 5,2 meter, diameter 350 mm dan lebar wingspan 1,4 meter. Bagaimana dengan sistem pemandunya? Rudal lansiran Negeri Ottoman ini mengandalkan kombinasi untuk berupa inertial navigation system, GPS (Global Positioning System), barometric altimeter/radar altimeter dengan terminal guidance melalui active radio frequency (RF) seeker. (Gilang Perdana)



Source link