Rumah Berantakan Saat ART Mudik? Intip Tips Praktis Bersihkan Rumah Berikut!

Lebaran telah usai, setelah puas berkumpul bersama keluarga saatnya bersih-bersih rumah nih Bu. Tapi, tersadar si Mbak alias ART mudik dan belum kembali ke rumah kita.

Yup! Umumnya ART mudik akan mulai pulang ke kampung halaman sekitar H-7 lebaran. Mereka biasanya akan kembali lagi setelah dua minggu setelah lebaran.

Sayangnya selama menunggu ART mudik dan kembali ke rumah kita, saat itu pula merupakan momen yang cukup berat bagi sebagian orang terutama Ibu. Apalagi jika sudah harus pergi bekerja ke luar rumah.

Nah, pekerjaan bersih-bersih rumah hingga  mengurus si kecil pun harus dibagi dua dengan suami. Untuk memudahkan Ibu dalam membersihkan rumah saat ART mudik berikut adalah tipsnya yang bisa diterapkan. Selamat mencoba ya, Bu!

Tips membersihkan rumah saat ART mudik

Melansir Woman’s Day menurut Sharon Lowenheim, MBA, MSE, pendiri Organizing Goddess, Inc, sebelum mulai membersihkan rumah, mengelap debu ataupun vacuum ruangan ada baiknya ambil dan letakkan kembali semua barang yang berserakan di lantai. Tujuannya agar kegiatan membersihkan rumah menjadi lebih mudah.

Sementara tips membersihkan rumah saat ART mudik yang bisa kamu terapkan di rumah adalah sebagai berikut:

1. Buat jadwal yang tepat

Membersihkan rumah saat ART mudik bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang cukup membosankan. Namun, rumah tidak akan bersih dengan sendirinya, bukan?

Nah, untuk memudahkan Ibu dalam membersihkan rumah saat ART mudik, buatlah jadwal ruangan dan area mana saja yang hendak dibersihkan. Bagi ruangan dan peralatan di rumah, mana yang kira-kira wajib di bersihkan setiap hari dan mana yang tidak.

Misalnya saja, area wajib yang harus dibersihkan setiap hari adalah kamar tidur, ruang keluarga dan dapur jika Ibu aktif berkutat di dapur setiap hari. Sementara area kamar mandi, jendela rumah, cermin, garasi rumah dan ruangan lain yang jarang ditempati bisa dibersihkan setiap 2-3 hari sekali saja.

2. Kerja cerdas bukan kerja keras

Professional House Cleaner dan blogger dari ConfessionsofaCleaningLady.com, Sara San Angelo, memiliki moto yang bagus untuk membersihkan rumah dan selalu ia jadikan panutan yakni, “kerja cerdas bukan kerja keras.” Hal yang dimaksud adalah membersihkan rumah tak selalu melelahkan, asalkan kita pandai menggunakan peralatan yang membuat pekerjaan jadi lebih ringan.

Misalnya saja, jika tak ingin debu beterbangan saat kita menyapu lantai, Ibu bisa menggunakan vacuum cleaner ataupun robot vacuum dengan teknologi terkini. Ataupun peralatan pendukung lain yang membuat Ibu tak perlu kerja terlalu keras untuk sekadar membersihkan rumah saat ART mudik.

3. Pastikan peralatan dapur tetap bersih dan jangan biarkan menumpuk

Melansir New York Times mencuci piring setiap hari dapat mencegah Ibu mengalami kekacauan akibat rumah yang terlihat berantakan. Jadi sebisa mungkin meskipun ART mudik, upayakan agar selalu menjaga dapur dan piring-piring tetap bersih.

Jika ada piring kotor, jangan biarkan menumpuk terlalu lama. Pastikan piring langsung dicuci sesaat setelah digunakan. Ketika piring terlalu banyak menumpuk, hal tersebut malah dapat membuat Ibu jadi malas untuk mencuci piring.

Meski tak semua orang gemar mencuci piring, namun percayalah bahwa dapur yang bersih dan piring yang tertata rapi pada tempatnya dapat mencegah stress yang kamu alami ketika ditinggal ART mudik, lho!

4. Bagi tugas dengan anggota keluarga lain

Agar pekerjaan membersihkan rumah saat ART mudik jadi lebih ringan bagi Ibu, ada baiknya bagi tugas dengan anggota keluarga lain. Misalnya saja dengan pasangan atau anak-anak mulai dari pekerjaan ringan.

Bagi tugas dengan jadwal yang pasti, seperti ketika bangun tidur si kecil wajib membersihkan kamarnya sendiri. Atau sebelum berangkat ke kantor, Ayah bisa membantu Ibu menyiram tanaman atau sekadar membantu menjemur pakaian yang sudah di cuci.

5. Pisahkan mainan si kecil

Membereskan mainan si kecil mungkin juga menjadi pekerjaan yang cukup melelahkan bagi Ibu. Apalagi jika si kecil belum mengerti cara membereskan mainannya.

Nah, salah satu tips agar membersihkan rumah jadi lebih mudah ketika ART mudik adalah pisahkan beberapa mainan yang sering dimainkan oleh si kecil. Sementara itu, simpan beberapa mainan yang kiranya jarang digunakan, terutama yang berukuran kecil dan sulit dibereskan. Seperti lego, puzzle dan mainan berukuran kecil lainnya.   

6. Gunakan air purifier agar kualitas udara tetap bersih

Mengingat saat ART mudik, tidak semua ruangan di rumah dapat kita bersihkan setiap hari pastinya akan ada debu-debu yang menempel di beberapa sudut ruangan. Nah, untuk mencegah ketidaknyamanan tersebut Ibu bisa menggunakan air purifier untuk menyaring debu dan kotoran.

Agar kualitas udara di rumah menjadi lebih bersih. Dengan menjaga kualitas udara tetap bersih dan segar setiap hari, otomatis kita juga bisa meminimalisir adanya debu yang beterbangan dan dapat mengganggu kesehatan keluarga.

7. Jadikan sebagai kebiasaan dan bukan beban

Pekerjaan bersih-bersih rumah atau house cleaning memang bukanlah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Meski mereka selalu ingin rumahnya terlihat bersih.

Untuk itu, melansir Huffington Post usahakan agar pekerjaan bersih-bersih rumah dijadikan sebuah kebiasaan dan bukan beban. Upayakan meski ada ART di rumah tetap lakukan pekerjaan bersih-bersih rumah setiap hari.

Apalagi pekerjaan membersihkan rumah sangat baik untuk kesehatan mental kita lho Bu! Hal tersebut terdapat dalam penelitian dari Indiana University department of Physical Activity yang dilakukan oleh sebanyak 998 orang Afrika-Amerika dengan rentan usia 49-65 tahun. Hasilnya sebagian orang yang rutin menjadikan pekerjaan membersihkan rumah sebagai kegiatan yang menyenangkan, ternyata memiliki kondisi fisik yang lebih sehat dan tidak menderita suatu penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung.

8. Turunkan ekspektasi

Memiliki rumah yang bersih dan rapi memang dambaan tiap Ibu. Tapi, ketika ART mudik, level kebersihan rumah tentu perlu ditoleransi.

Dalam artian, Ibu tak perlu memaksakan agar rumah selalu bersih dan rapi jika kondisi fisik terlalu lelah. Jangan ragu minta bantuan pasangan untuk meringankan pekerjaan rumah tangga.

Itulah 8 tips membersihkan rumah saat ART mudik yang bisa kamu terapkan di rumah. Ibu juga bisa memanfaatkan momen ini sebagai quality time bersama keluarga sekaligus mengajarkan kemandirian pada anak-anak, agar tidak terlalu bergantung dengan orang lain.

Editor: Atalya

Sumber Artikel www.ibupedia.com