Russian Helicopters Tampilkan BAS-750, Drone Copter Multirole dengan Payload 200Kg

Russian Helicopters Tampilkan BAS-750, Drone Copter Multirole dengan Payload 200Kg

Ada yang unik di antara kepadatan gelar persenjataan Rusia di Army 2022, yakni ada sosok helikopter mini tanpa awak dengan cat loreng coklat. Dari tampilan, sudah kentara bahwa ini adalah drone helikopter dengan kemampuan serang. Dan untuk pertama kalinya, Russian Helicopters (bagian dari Rostec State Corporation) memperkenalkan drone copter yang diberi label BAS-750.

Baca juga: Ziyan Blowfish A3 – Drone Copter Mini dengan Kemampuan Serang Berkelompok

Selain dapat dilengkapi senjata ringan pada winged, BAS-750 yang merupakan hasil pengembangan dari BAS-200, juga dapat ditugaskan untuk misi pencarian, geodesi, pemetaan, pemantauan lahan pertanian, jalan, badan air, infrastruktur minyak dan gas, jalur pasokan listrik, komunikasi dan pipa, serta transportasi kargo.

Dari info spesifikasi yang tertera di samping BAS-750, disebutkan bahwa drone ini punya berat maksimum saat tinggal landas 750 kg, dengan payload 200 kg yang dapat dibawa. Oleg Yevtushenko, Direktur Eksekutif Rostec menyebutkan, bahwa dengan payload 200 kg, drone copter ini dapat terbang dengan kecepatan 180 km per jam. Secara teknis, BAS-750 dapat terbang sampai ketinggian 3.500 meter.

Dengan kendali Line of Sight dari mobile Ground Control Station (GCS), BAS-750 dapat terbang sejauh 150 km dengan endurance selama 6 jam. Dalam konfigurasi tipikal, drone copter ini dilengkapi dengan sistem optoelektronik, lima kamera untuk terbang siang-malam, dan kemampuan untuk kembali ke titik keberangkatan bahkan tanpa adanya data navigasi satelit.

Baca juga: Drone Copter Airbus VSR700 Uji Coba Take-off dan Landing Otonom di Atas Kapal

Tidak dijelaskan jenis mesin yang diadopsi pada BAS-750. Untuk dimensi, BAS-750 punya panjang 8,30 x 2,38 x 2,27 meter. (Haryo Adjie – Moskow)



Source link