Saab Demonstrasikan Penembakan Langsung Mobile SHORAD ke Berbagai Sasaran di Udara

Saab Demonstrasikan Penembakan Langsung Mobile SHORAD ke Berbagai Sasaran di Udara

Sejak diperkenalkan pada September 2017, Mobile SHORAD (Short Range Air Defence) dari Saab Bofors Dynamincs yang menawarkan integrasi sistem rudal RBS-70 NG RCWS dan radar Giraffe 1x dalam platform rantis lapis baja, telah membetot perhatian dunia. Itu lantaran, pertama kalinya rudal hanud MANPADS (Man Portable Air Defence System) RBS-70 dibuat dalam modul peluncur RCWS (Remote Control Weapon System).

Baca juga: DSEI 2017 – Saab Tampilkan Mobile SHORAD, Integrasikan RBS-70 NG RCWS dan Giraffe 1x

Dan terkait Mobile SHORAD (MSHORAD) RBS-70 NG RCWS, ada kabar terbaru dari manufaktur persenjataan asal Swedia itu. Dikutip dari siaran pers Saab.com (5/9/2022), disebutkan sistem MSHORAD Saab berhasil didemonstrasikan dalam momen penembakan langsung dihadapan pelanggan potensial dari 15 negara.

Berlokasi di fasilitas uji di Karlskoga, Swedia, pada 30 Agustus 2022 dilakukan kegiatan penembakan langsung (live firing), sebanyak lima tembakan berhasil dilakukan dari RBS 70 NG Mobile Firing Unit yang dipasang pada kendaraan MARS-S330 4×4 terhadap berbagai target, termasuk drone dan badan pesawat/helikopter yang ditinggikan. Dengan teknologi RCWS maka sistem kendali dapat dilakukan secara terintegrasi lewat komputer dengan radar penjejak, serta peluang pengenaan pada sasaran lebih besar berkat multiple launcher.

Selama satu skenario penembakan, vehicle mounted sight yang ada di kendaraan dilepas dan dikonfigurasi ulang sebagai man portable firing unit. Selain itu, uji coba penembakan malam juga dilakukan terhadap target yang ditarik (towed target).

“Kombinasi radar Giraffe 1X dan RBS 70 NG Mobile Firing Unit adalah pasangan yang sempurna untuk solusi pertahanan udara jarak dekat dengan cakupan ketinggian, dan deteksi yang baik,” kata Stefan berg, Head of Saab business unit Missile Systems.

MSHORAD adalah respons Saab terhadap era medan perang baru, dengan ancaman udara yang berkembang seperti munculnya drone dan senjata udara canggih lainnya. MSHORAD adalah solusi terintegrasi kendaraan yang dapat mengidentifikasi, melawan, dan menetralisir ancaman udara dengan cepat, efektif, dan tegas.

Sistem ini terdiri dari Mobile Radar Unit dengan radar Giraffe 1X, yakni jenis radar 3D yang dapat mendeteksi sasaran dalam sudut 360 derajat, dan jarak jangkau deteksi sejauh 75 km.

Kemudian sistem yang kedua adalah Mobile Firing Unit dengan basis rudak RBS 70 NG, yang kesemuanya terhubung dengan GBAD (Ground Based Air Defence) C2 communication system untuk melakukan analisa sasaran dan koordinasi aksi tembakan.

Baca juga: RBS-70 NG RWS – Bukan Untuk Penembakan Simultan, Tapi Pangkas Waktu Reload Rudal

Dari spesifikasi rudal, tak ada perubahan pada kinerja RBS-70 NG, hanya saja dalam satu kubah (turret) terdapat tiga peluncur. Pun untuk sistem pemandunya masih tetap mengandalkan laser guided missile Line of Sight yang anti jamming. RBS-70 NG mengusung rudal Bolide yang mampu melesat Mach 2, dan dapat mengejar sasaran sejauh 9 km dengan ketinggian 5 km. (Gilang Perdana)



Source link