Saran Erick Thohir untuk Mengurangi Kepadatan Arus Mudik Jalur Darat

JAKARTA, RagamNews.com  – Menteri Badan Usaha Milik (BUMN) Erick Thohir menyarankan tiga hal untuk mengatasi kepadatan arus mudik di jalan tol. Sinkronisasi informasi secara kontinyu adalah hal utama yang harus dilakukan.

Kedua, konsistensi dalam menjalankan peraturan yang telah ditetapkan seperti ganjil-genap, satu arah, dan mempercepat akses keluar-masuk di rest area.

“Ketiga, jalur alternatif yang sudah bapak-bapak skenario kan, dari plan (rencana) A sampai plan D. Fokus di situ yang kita terus dorong,” ujar Erick dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (30/4/2022).

Menurutnya, lonjakan luar biasa terjadi dalam arus mudik Lebaran 2022 karena sudah dua tahun tidak ada mudik.

Ia juga menilai penggunaan moda transportasi kereta dan pesawat membantu mengurangi kapasitas pemudik yang menggunakan jalur darat.

“Sejak awal kita mendorong alternatif, tidak hanya lewat tol, tapi juga kereta dan pesawat,” kata Erick.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah menggelar acara mudik gratis yang diikutii para pekerja tenaga alih daya (outsourcing) di lingkungan BUMN, penyandang disabilitas, dan masyarakat umum yang telah mendaftar secara daring pada periode 9-23 April 2022.

Erick menjelaskan, program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 merupakan bentuk mudik yang aman, bertanggung jawab dan sehat.

“Aman, karena mengalihkan puluhan ribu pengguna kendaraan terutama sepeda motor dari jalan raya ke moda transportasi umum seperti bus dan kereta api yang terkoordinir. Sehat, karena para pemudik telah melengkapi diri dengan vaksinasi COVID-19 dosis 3 dan kami menerapkan protokol kesehatan untuk memastikan pemudik pulang dalam keadaan sehat dan tidak menularkan virus COVID-19 di tempat tujuannya,” pungkas Erick.

Salah satu perusahaan yang menggelar kegiatan mudik gratis yaitu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) yang memberangkatkan 990 pemudik dari DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat ke berbagai daerah tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pemberangkatan mudik gratis menggunakan 20 bus yang dilakukan secara bertahap pada Rabu (27/4/2022) dan Jumat (29/4/2022).

Donny Arsal, Direktur Utama SIG, mengatakan, kegiatan mudik gratis ini merupakan bentuk kepedulian SIG kepada masyarakat yang akan bersilaturahmi dan merayakan Idul Fitri bersama keluarga dengan aman dan nyaman. Kami bersyukur tahun ini dapat berpartisipasi dalam penyelenggaraan mudik gratis yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN.

Yatno, salah satu peserta mudik asal Kabupaten Madiun Jawa Timur yang berprofesi sebagai tenaga konstruksi di Sawangan, Depok. “Pandemi Covid-19 yang terjadi membuat saya dan keluarga tidak dapat pulang ke Madiun selama dua tahun. Momen mudik ini sudah kami nantikan, kami sangat senang dapat kembali pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi merayakan idulfitri bersama kerabat di Madiun,” imbuhnya.