Simulasi Latihan Penanggulangan Kondisi Darurat di PT. Dahana Kodim 0605/ Subang – PORTAL KOMANDO

Portal Komando Jabar,-Subang, 26 Agustus 2022,Tim Jihandak Yonzipur 3/YW melaksanakan latihan terintegrasi Simulasi Penanganan Situasi Darurat dengan instansi terkait. Diantaranya PT. Dahana, Kodim 0605/Subang, Polres Subang, BPBD Subang, Damkar Subang, Dinkes Subang, dan Satpol PP Subang. Latihan dilaksanakan sebagai wujud kesiapsiagaan TNI dengan merangkul Forkopimda untuk menangani situasi darurat seperti kecelakaan kerja, kebakaran, dan situasi darurat lainnya.

Dandim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya Lubis, M.Han., mengucapkan terimakasih sebanyak2nya atas pelaksanaan latihan yg berjalan lancar dan berhasil kepada setiap instansi terkusus kepada Tim Jihandak Yonzipur 3/YW yg dengan cepat dapat menuntaskan inti dari latihan tersebut.

Skenario latihan yg dilaksanakan antara lain adanya kecelakaan kerja di PT.Dahana yg merupakan pabrik bahan peledak komersil, sehingga Tim Jihandak Yonzipur 3/YW berperan utama untuk mengamankan dan mengevakuasi bahan peledak baik yg masih aktif maupun sudah meledak. Latihan diakhiri dengan mengevakuasi dan mendisposal paket bahan peledak dari area kecelakaan kerja sehingga bahan peledak tersebut dapat dipastikan aman.

“Kami sangat antusias dengan pelaksanaan latihan penanggulangan situasi darurat ini, dengan begitu kami telah membuktikan bahwa Yonzipur 3/YW dalam melaksanakan tugas, selalu berperan aktif baik dimasa perang maupun dimasa damai.” ucap Letda Czi Harness Kristanto selaku Danton Jihandak Yonzipur 3/YW.

“Latihan Simulasi Penanggulangan Kondisi Darurat ini merupakan program yang diselenggarakan setiap tahunnya secara bergiliran di wilayah Kodam III/Siliwangi. Diharapkan dengan latihan ini dapat kita kembangkan kemampuan dan inovasi tiap instansi untuk mempermudah pelaksanaan Siap Tanggap Kondisi Darurat.” demikian tambah Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca.

( Wandha MPK )

Source link