Spanyol Kirimkan 200 Ton Peralatan Militer ke Ukraina – detikNews

Spanyol mengirimkan 200 ton peralatan militer, termasuk kendaraan angkut berat dan amunisi, ke Ukraina yang tengah diinvasi Rusia. Ini menjadi pengiriman peralatan militer terbesar dari Spanyol untuk Ukraina.
Seperti dilansir AFP, Jumat (22/4/2022), pengiriman peralatan militer untuk Ukraina itu diumumkan Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez saat berkunjung ke Kiev pada Kamis (21/4) waktu setempat.
“Ini merupakan pengiriman terbesar yang dilakukan hingga sekarang, lebih dari dua kali lipat dari apa yang telah kami kirimkan sejauh ini,” ucap PM Sanchez dalam konferensi pers gabungan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan PM Denmark Mette Frederiksen.
Dituturkan PM Sanchez bahwa sebuah kapal Angkatan Laut Spanyol yang membawa muatan material militer itu telah berangkat dari sebuah pelabuhan di Spanyol pada Kamis (21/4) waktu setempat, untuk berlayar menuju ke Polandia dan selanjutnya muatan itu akan diangkut ke wilayah Ukraina.
“Kapal itu membawa 30 truk, sejumlah kendaraan transpor khusus berat, dan 10 kendaraan kecil yang bermuatan material militer yang akan dibawa ke Ukraina,” sebut PM Sanchez.
PM Sanchez dan PM Frederiksen tiba di Kiev pada Kamis (21/4) waktu setempat untuk melakukan pembicaraan dengan Zelensky, Ini menjadi kunjungan terbaru dari rangkaian kunjungan langsung para pemimpin Eropa untuk menunjukkan dukungan bagi Ukraina.
“Terkejut menyaksikan kengerian dan kekejaman perang (Presiden Rusia Vladimir) Putin di jalanan Borodyanka,” tulis PM Sanchez via Twitter usai mengunjungi kota Borodyanka di pinggira Kiev dengan PM Frederiksen.

Simak Video ‘Biden Berikan Bantuan Militer Senilai 800 Juta Dolar ke Ukraina’:

[Gambas:Video 20detik]

source