Tak Mau Nasib Pulau Yonaguni seperti Natuna, Jepang Kini Tingkatkan Pertahanan Militer Tangkis Ketamakan China – Zona Jakarta – Zona Jakarta


ZONAJAKARTA.com – Jepang mulai gencar meningkatkan pertahanan Pulau Yonaguni agar tak bernasib sama dengan Natuna yang kini disengketakan oleh China.
Disaat ketegangan di Asia Timur meningkat sebagai akibat dari perilaku tegas China, Jepang kini semakin gencar memperkuat bentengnya di Yonaguni, pulau Jepang terdekat dengan Taiwan.
Kapal-kapal China telah meningkatkan patroli mereka di daerah sekitar pulau Senkaku yang dikuasai Jepang, sebuah rantai pulau tak berpenghuni yang juga diklaim oleh China dan Taiwan.
Baca Juga: Semakin Laris Manis di Pasaran, Saudara Kembar CN235-200 MPA Indonesia Laku Keras di Benua Afrika
Pulau-pulau, yang dikenal sebagai Kepulauan Diaoyu di Cina dan Diaoyutai di Taiwan, telah menjadi pusat ketegangan regional yang meningkat.
Meskipun sengketa teritorial atas rantai pulau telah berlangsung lebih dari satu abad, China telah meningkatkan kehadirannya di sekitar pulau-pulau itu dalam beberapa dekade terakhir. Ini telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Beijing akan menegaskan haknya atas pulau-pulau yang disengketakan.
Namun, Beijing sering membela tindakannya, dengan menyatakan bahwa Pulau Diaoyu (Senkaku) dan pulau-pulau terkaitnya adalah milik Cina yang melekat.
Baca Juga: Radar GCI Buatan Anak Bangsa Jadi Calon Pengawal Wilayah Udara Udara Indonesia
Ini tentu saja menjadi perhatian Jepang, yang skeptis terhadap aspirasi teritorial China di kawasan itu.
Editor: Muhammad Yusuf
Sumber: The Eurasian Times
Apartemen Gading Greenhill
Jalan Pegangsaan Dua Raya No.97 Kelapa Gading
Jakarta Utara – DKI Jakarta
Telepon : 088888538038
Email : zonajakartadotcom@gmail.com
PT Kolaborasi Mediapreneur Nusantara
Jl. Asia Afrika No. 75
Bandung – Jawa Barat, 40111, Ph. 022-4241600
Email: prmnnewsroom@pikiran-rakyat.com
©2022 Pikiran Rakyat Media Network

source