Tandingi Rafale-M, F/A-18 Super Hornet dengan Dua Rudal Harpoon Sukses dalam Uji Take-off Ski Jump

Tandingi Rafale-M, F/A-18 Super Hornet dengan Dua Rudal Harpoon Sukses dalam Uji Take-off Ski Jump

Dassault Aviation dan Boeing bersaing ketat untuk meraih kontrak dalam program multirole carrier-borne fighters (MRCBF), yakni program Angkatan Laut India untuk memasok jet tempur yang akan ditempatkan di kapal induk INS Vikrant. Setelah Rafale-M yang lebih dulu unjuk uji kemampuan lepas landas dalam muatan ‘penuh’ dengan ski-jump, maka ada kabar terbaru, bahwa F/A-18E/F Super Hornet juga telah sukses melakukan uji lepas landas dengan muatan penuh (juga) dengan ski-jump.

Baca juga: Lepas Landas via Ski-Jump dengan Payload Penuh, Rafale-M Tampil Memukau di India

Dikutip dari Janes.com (14/7/2022), Boeing telah menyelesaikan demonstrasi kemampuan F/A-18 Super Hornet untuk diluncurkan dari kapal induk India dengan membawa dua rudal anti kapal AGM-84 Harpoon, yang diklaim melebihi persyaratan AL India untuk program MRCBF.

Uji peluncuran dengan ski-jump dilakukan Super Hornet di Shore Based Test Facility (SBTF) Angkatan Laut India di Pangkalan INS Hansa di Goa, India, antara akhir Mei dan awal Juni 2022. Dalam uji coba ini, pesawat tempur digeber untuk take-off dari landasan sepanjang 283 meter. Di bawah program MRCBF, AL India berencana untuk mengakuisisi 57 unit jet tempur yang akan ditempatkan di kapal induk INS Vikrant, yang rencananya akan resmi dioperasikan AL India pada 15 Agustus 2022 – bertepatan dengan HUT Ke-75 Kemerdekaan India.

Jauh sebelum uji coba di India, F/A-18 Super Hornet sejatinya sudah melakoni uji coba short take-off but arrested recovery configured (STOBAR) di wilayah AS. Dari 150 kali pengujian pada teknik STOBAR, disebut Boeing telah berhasil dengan cukup baik.

India saat ini mengoperasikan dua kapal induk, INS Vikramaditya dan INS Vikrant, dimana keduanya mengadopsi model ski jump pada ujung landas pacu, lantaran kedua kapal induk India tidak dilengkapi model catapult (pelontar) seperti halnya yang ada di kapal induk AS.

Pada Januari 2022, Rafale-M (Maritime) – varian naval dari Dassault Rafale, sudah berada di naval airbase terbesar milik AL India – INS Hansa di Goa, India. Kehadiran Rafale-M di Goa tak lain untuk menjalani uji coba dalam beragam skenario pengoperasian di kapal induk INS Vikrant. Dan salah satu poin yang menjadi sorotan adalah seberapa mampu Rafale-M yang biasanya diluncurkan lewat catapult di kapal induk Charles de Gaulle, kini harus mampu meluncur lewat ski-jump.

Dari foto yang beredar di media sosial India, Rafale-M setidaknya dapat take-off dengan payload 5,5 ton. Konfigurasi payload yang digotong Rafale-M mencakup dua tangki bahan bakar eksternal (masing-masin berisi 2.000 liter avtur), dua rudal udara ke udara jarak menengah Mica EM, dua rudal udara ke udara jarak dekat Mica IR dan sebuah rudal anti kapal AM-39 Exocet di bawah central fuselage.

Baca juga: Ditawarkan ke AL India, Boeing Uji Lepas Landas F/A-18 Super Hornet Lewat Ski Jump

Mengingat 15 Agustus 2022 tak lama lagi, ada opsi bila nantinya AL India menyewa empat sampai lima unit Rafale-M atau Super Hornet, hingga kelak INS Vikrant mengoperasikan armada jet tempurnya sendiri. (Gilang Perdana)



Source link