Tingkatkan Kerjasama Antar Angkatan Laut ASEAN, Kasal Terima Kunjungan Republic of Singapore Navy – PORTAL KOMANDO

PK.Jalesveva Jayamahe.Jakarta, 18 Agustus 2022. ——Dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antar Angkatan Laut se-ASEAN (Association of Southeast Asian Nations), Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menerima kunjungan Chief of Navy, Republic of Singapore Navy (RSN) Rear Admiral Aaron Ben di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (18/08).

Dalam Kunjungannya, Rear Admiral Aaron Ben didampingi Fleet Commander RADM Sean Wat, Head Naval Intel Colonel Lim Huay Hen, Head Defense Relations Ltc Jerry Lee, Defense Atache Colonel Nicholas Lim dan Naval Atache Sltc Tony Wong.

Tiba di Mabesal, Kasal Singapura disambut dengan jajar kehormatan oleh para prajurit TNI AL dan selanjutnya diterima dengan penuh kehangatan oleh Kasal yang didampingi oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, Irjenal Laksda TNI Sunaryo, Koorsahli Kasal Laksda TNI I.N.G Sudihartawan, para asisten Kasal serta para pejabat Mabesal lainnya.

Pada pertemuan antar Kasal kedua negara tersebut, dibahas mengenai rencana kerjasama strategis khususnya kerjasama dibidang latihan bersama antar Angkatan Laut.

Laksamana Yudo dan Kasal Singapura sepakat untuk melaksanakan lebih banyak kerjasama dibidang latihan diantara yang sudah dilaksanakan seperti Latihan Super Garuda Shield, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), Pandu, dan Port Call khususnya RSS Resolution ketika sandar di Tanjung Priok Jakarta beberapa waktu lalu.

Menanggapi mengenai latihan Angkatan Laut khusus negara-negara ASEAN, TNI AL siap untuk memimpin latihan tersebut dan akan disiapkan latihan di perairan sebelah barat Indonesia karena latihan tersebut jika memang dilaksanakan berarti merupakan latihan yang pertama kalinya dalam sejarah latihan Angkatan Laut khusus ASEAN. TNI AL dan RSN juga sepakat untuk menjalankan kembali Interaction Strategy Program yang mana program tersebut sudah berjalan sebelumnya dan sempat terhenti karena pandemi covid. Beberapa kegiatan interaction strategy program yaitu diskusi antar Angkatan Laut, olahraga bersama dan kegiatan-kegiatan lain tentang Angkatan Laut. Program tersebut akan diusulkan oleh Kasal Singapura pada ASEAN Navy Chief Meeting yang akan dilaksanakan di Bali dalam waktu dekat ini.

Dispenal/mpk

Source link