Tips Sederhana Cegah Kerontokan Rambut Tanpa Obat Medis

JAKARTA, RagamNews.com – Apakah rambut Anda akhir-akhir ini mengalami kerontokan? Konon, satu hal yang tak terhindarkan adalah kerontokan rambut. Itu seharusnya menjadi hal yang paling normal, terutama ketika dalam proses penuaan tetapi tidak ada yang menyukai gagasan kehilangan rambut. 

Ya, rambut itu penting. Meskipun pada awalnya mungkin tidak, tanyakan pada diri Anda mengapa orang, baik pria maupun wanita menghabiskan begitu banyak uang untuk produk rambut.

Tidak ada yang suka disebut tua tetapi kebanyakan anak laki-laki memang memiliki rambut yang menipis seiring bertambahnya usia.

Jangan khawatir. Meskipun kerontokan rambut mungkin tidak dapat dihindari, tapi prosesnya pasti dapat diperlambat. Kuncinya ada dalam makanan. Ya, jenis makanan yang Anda santap bisa sangat membantu menjaga rambut Anda lebih penuh untuk beberapa waktu. 

Berikut makanan yang akan membantu Anda mencegah kerontokan rambut lebih cepat.

1. Bayam untuk zat besi

Selain zat besi yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu Anda tidak terlalu sering lelah, ternyata zat besi juga dapat membantu rambut Anda. 

Jika Anda seorang wanita yang akan mengalami menopause atau pria lanjut usia, jangan terlalu cepat dalam menambahkan jumlah zat besi dalam makanan Anda. Kunjungi dokter terlebih dahulu dan minta dia memeriksa kadar zat besi dalam tubuh Anda dan dari sana, Anda bisa menambahkan zat besi dalam makanan yang Anda santap.

Beberapa sumber zat besi yang kaya terdapat pada bayam yang akan menjaga folikel rambut Anda kuat dan sehat.

2. Telur untuk folat

Rambut terbuat dari protein. Dan telur adalah salah satu sumber protein terkaya yang dapat Anda temukan. Kuning telur dikemas dengan berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan rambut untuk tetap kuat. Mereka menyediakan folat. Folat sangat penting untuk replikasi DNA. 

Jadi, makan telur akan meningkatkan elastisitas rambut Anda karena telur mengandung lutein, itu akan mengurangi kerusakan dan akan memastikan Anda tidak melihat terlalu banyak ujung bercabang dan karena protein, rambut Anda akan terlihat bagus dan berkilau.

Sementara, putih telur juga akan melindungi seluruh tubuh Anda yang pasti lebih banyak alasan untuk makan telur.

3. Kacang untuk seng

Nah, Anda mungkin pernah mendengar betapa hebatnya Zinc untuk mengobati kasus diare, pilek, luka dan membantu proses menunda penuaan tetapi sekarang Anda dapat menambah semua pengetahuan itu. Faktanya, itu membantu baik dalam pencegahan dan pengobatan kerontokan rambut. 

Dari penelitian yang telah dilakukan, penderita kasus kerontokan rambut mengalami kekurangan zinc dalam tubuhnya. Tiram adalah yang terkaya akan seng dan Anda juga bisa mendapatkan seng dari makan telur, kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak dan bayam.

4. Madu untuk vitamin dan mineral

Jadi berapa kali Anda diberitahu bahwa Anda membutuhkan madu? Nah, ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Itulah sebabnya hampir semua orang akan memberitahu Anda untuk menyimpannya di rumah. Kombinasi madu, kayu manis dan minyak zaitun telah dikenal untuk membantu pertumbuhan rambut. 

Madu mengandung vitamin dan mineral tertentu yang akan menjaga rambut Anda tetap bagus dan berkilau. Dia memiliki cara untuk menyegel kelembapan di rambut Anda karena merupakan emolien dan juga mengurangi kerusakan. 

Bagian terbaiknya adalah dia juga dapat menghilangkan kotoran sehingga ada banyak alasan mengapa Anda harus membuat masker rambut dari madu.

5. Wortel untuk Vitamin A

Ini adalah nutrisi yang larut dalam lemak yang membantu fungsi normal organ tubuh Anda dan sistem kekebalan tubuh secara umum. Makanan ini juga kaya akan beta-karoten yang membantu dalam pencegahan kanker dan penglihatan yang baik. 

Nah, Vitamin A juga akan membantu Anda memperlambat proses kerontokan rambut. Bagian terbaiknya adalah Anda bisa mendapatkannya dari makanan yang paling umum seperti ubi jalar, wortel dan bayam. Pastikan Anda tidak memakan terlalu berlebihan.

Disarankan juga untuk lebih fokus memakan sumber makanan mentah karena semakin banyak Anda memasak, semakin Anda mengurangi kadar beta-karoten yang ada di dalamnya.

6. Jamur dan salmon untuk Vitamin D

Tubuh kita membuat sendiri Vitamin D setiap kali kita melangkah keluar rumah dan terkena sinar matahari. Sayangnya, tidak terlalu banyak orang yang suka duduk di bawah sinar matahari dan hanya sedikit orang yang berada di luar ruangan saat matahari cerah dan cenderung memakai tabir surya. 

Nah, Vitamin D juga bagus jika Anda ingin membuat rambut Anda lebih lebat. Anda tidak harus mengandalkan matahari untuk itu. Namun, cobalah makan makanan seperti hati sapi, kuning telur, salmon dan tuna yang bisa membantu untuk mendapatkan vitamin D. Minum susu, jus jeruk, dan sereal juga sangat membantu.