TNI AD Undang 14 Negara Sahabat Latihan Militer di Garuda Shield 2022 – detikNews

TNI Angkatan Darat (AD) akan kembali menggelar latihan bersama (latma) Garuda Shield 2022 dengan korps militer negara sahabat. Tahun ini, TNI AD mengundang 14 negara untuk bergabung dalam kegiatan latma ini.
Dikutip dari situs resmi TNI AD, Sabtu (9/4/2022), TNI AD telah menggelar rapat middle planning conference (MPC) terkait kegiatan latma Garuda Shield 2022 sejak Selasa (5/4) hingga Kamis (7/4). Hasil diskusi dalam rapat yang telah disepakati ditandatangani peserta rapat pada kemarin lusa di Hotel El Royal, Jakarta Utara (Jakut).
TNI AD mengutip Penerangan Kodiklatad bahwa dalam rapat kemarin Dirlat Kodiklatad Brigjen TNI Haryanto menjadi Ketua Delegasi dari TNI AD. Sementara itu delegasi negara sahabat dipimpin Kepala Kantor Kerja Sama Pertahanan Amerika Serikat, Colonel Ian Francis.
Masih mengutip dari keterangan TNI AD, sejumlah perwakilan negara sahabat yang diundang dalam latma Garuda Shield-16/2022 di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Kanada, PNG, Timor Leste, Australia, Malaysia, Singapura dan Jepang hadir dalam rapat.
Seperti diketahui latma Garuda Shield 2021, yang disebut latma terbesar TNI AD dan Angkatan Darat negara sahabat, diklaim sukses digelar.
Rapat MPC kemarin dibagi menjadi beberapa grup kerja. Masing-masing grup ada yang mendiskusikan detail latihan di antaranya Staff Exercise, Field Training Exercise, Combined Armed Live Fire Exercise, Aviation, Medical Exercise, Logistics & Protocol, Life Fire Exercise, Civil Military Coordination, ENCAB, Counter IED, Force Protection, Airborne dan Special Operations.
Latma Garuda Shield 2022 rencananya diselenggarakan selama dua pekan, yakni 1 sampai 14 Agustus 2022. Latma Garuda Shield 2022 akan digelar di dua daerah latihan sekaligus, yaitu Puslatpur Kodiklatad Baturaja dan Puslatpur Kodam VI/Mlw Amborawang.
Seusai rapat, agenda berikutnya adalah kunjungan atau survei langsung lokasi latihan termasuk point of entry personel dan materiel memasuki Indonesia, serta transportasinya menuju daerah latihan.

Simak juga ‘Kolaborasi CTARSA-TNI AL Tebar Kebaikan di Pulau Ndana NTT’:

[Gambas:Video 20detik]

source