TNI AL Gelar Upacara Pemakaman Militer bagi Praka Mar Dwi Miftahul Achyar yang Gugur di Papua – Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – TNI Angkatan Laut (TNI AL) memberikan penghormatan terakhir kepada Praka Marinir (Anumerta) Dwi Miftahul Achyar yang dikebumikan di pemakaman umum kampung halamannya di Lamongan Jawa Timur pada Minggu (24/4/2022).
Praka Mifta merupakan anggota Batalyon Taifib 2 Marinir Pasmar 2 Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang gugur akibat kontak tembak dengan Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) di Kalikote Distrik Kenyam Kabupaten Nduga Papua pada Jumat (22/4/2022) lalu.
Prosesi pemakaman Almarhum Praka Mifta dilaksanakan secara militer dan dipimpin oleh Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Suherlan selaku Inspektur Upacara  di TPU Kelurahan Babat pada malam hari selepas salat Isya dan tarawih.
Sebelumnya telah dilaksanakan juga salat jenazah di Masjid Al Abror dan persemayaman jenazah di rumah duka Jalan Sumowiharjo RT 03 RW 10 Kelurahan Babat, Kecamatan Babat, Lamongan, Jawa Timur.
Usai upacara pemakaman, Suherlan menyampaikan atas nama bangsa dan negara, upacara kebesaran tersebut dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa dharma bakti dan pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa. 
Hal tersebut disampaikan Suherlan dalam keterangan resmi Dinas Penerangan resmi TNI Angkatan Laut dikutip pada Selasa (26/4/2022).
“Kepergian almarhum tentu sungguh sangat menimbulkan rasa duka yang mendalam bagi kita semua, khususnya bagi keluarga yang ditinggalkan, oleh karena itu kita sebagai umat beragama yang percaya kepada kekuasaan-Nya harus bisa menerima secara ikhlas atas kepergian almarhum,” kata Suherlan.
Baca juga: Ayah Pratu Mar Dwi Miftahul Akhyar Sempat Tak Bisa Tidur Nyenyak hingga Kabar Duka itu Datang
Baca juga: Kontak Tembak dengan KKB, Personel TNI AL Pratu Mar Dwi Miftahul Achyar Gugur, Satu Lainnya Terluka
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono melalui Suherlan menyampaikan atas nama keluarga besar TNI AL dan Korps Marinir serta teman sejawat almarhum bela sungkawa sedalam-dalamnya seraya memanjatkan doa.
Yudo berharap Allah SWT memberikan ketabahan dan kesabaran kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan.
Sementara itu orang tua dari Praka Mifta, Sartono, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada keluarga besar TNI AL khususnya Yudo yang telah memberikan support serta dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan.
Ia meminta agar almarhum Praka Mifta didoakan serta dimaafkan.  
“Dan kepada para atasan, rekan kerja, maupun teman-teman seangkatan berkenan kiranya melapangkan dada untuk memaafkan, dan semoga Allah SWT mengampuni dosanya dan menerima seluruh amal ibadah almarhum,” kata dia.
Hadir dalam upacara pemakaman tersebut, Bupati Lamongan Dr H Yuhronur Efendi, Wadan Lantamal V Surabaya Kolonel Mar Jhoni Sulistiawan, para Asisten Danpasmar 2, para Komandan Kolak/Satlak jajaran Pasmar 2, Komandan Kodim Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf serta pejabat Forkopimda Lamongan lainnya.

source