TNI Geledah Kamar Napi, Temukan Ponsel – Radar Banyuwangi

26 April 2022, 10: 00: 59 WIB | editor : Ali Sodiqin
DIGELEDAH: Anggota TNI dari Kodim 0825 Banyuwangi memeriksa sejumlah kamar hunian Lapas Banyuwangi, Sabtu malam (23/4). (Bagus Rio Rahman/RadarBanyuwangi.id)
Share this      
BANYUWANGI – Setelah aparat kepolisian  menggeledah kamar hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas kelas IIA Banyuwangi, kini giliran para prajurit TNI melakukan langkah serupa, Sabtu malam (23/4).
Anggota TNI AD dari Kodim 0825 Banyuwangi  menggeledah seluruh kamar hunian tahanan di blok A, D, E, F, dan G.
Dari tujuh kamar hunian tersebut, personel TNI
Baca juga: Waspadai Cuaca Ekstrem saat Mudik Lebaran
berhasil mengamankan satu unit handphone yang disembunyikan di lemari. Ditemukan juga korek api dan pisau modifikasi. “Kita sudah sering melakukan penggeledahan, tapi masih saja ditemukan handphone di kamar,” ujar Kalapas Banyuwangi, Wahyu Indarto.
Wahyu menduga handphone milik salah satu napi  tersebut masuk ke Lapas sudah cukup lama. Namun, ketika dilakukan operasi, napi tersebut berhasil menyembunyikannya. “Dalam  penggeledahan yang dilakukan oleh anggota TNI Kodim 0825 berhasil menemukan HP,” katanya.
Wahyu mengatakan peran serta aparat penegak hukum (APH) dalam melakukan penggeledahan sangat diperlukan. Jika hanya melibatkan petugas Lapas, WBP bisa dengan mudah  menyembunyikan barang terlarang.
“Bukan kita tidak percaya dengan petugas sendiri, tetapi ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya kecurangan yang dilakukan petugas,” ungkapnya.
Napi yang kedapatan menyembunyikan handphone langsung dilakukan tindakan tegas. Napi tersebut akan dikenakan sanksi administrasi atau daftar F dengan hukuman dimasukkan ke sel tikus. “Lamanya masuk ke sel tikus bisa jadi satu bulan atau lebih. Tergantung berapa kali napi tersebut melakukan pelanggaran,” tegasnya..
Wahyu menegaskan pihaknya akan terus melakukan upaya untuk menciptakan Lapas Banyuwangi yang terbebas dari handphone dan narkoba. “Dalam pelaksanaannya kami akan terus melakukan sinergi dengan APH lain, guna memaksimalkan upaya yang kami lakukan,” pungkasnya. 

(bw/rio/aif/als/JPR)
Penyakit Kambuh, Magersari Meninggal di Ladang Kopi
399 Napi Diusulkan Dapat Remisi Lebaran

source