Yuk Wisata ke Daerah Barat Kota Padang ! Ada Apa Aja ya ?

RagamNews.com  – Kota Padang dikenal dengan sebutan daerah pinggir laut. Hal ini dikarenakan letak kota yang berada di bagian baratnya Sumatera. Destinasi yang ada di kota ini juga tidak kalah menarik.Saat masa pandemi yang malah semakin marak, coba urungkan niat untuk berwisata keluar Kota. Cukup berwisata di dalam kota aja dan tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan. Hanya keluar jika sangat dibutuhkan dan pergilah ke tempat wisata yang lebih aman.

Yuk lihat wisata apa saja yang berlokasi di bagian barat kota Padang, mulai dari Padang Barat sampai ke Bungus :

Bacaan Lainnya

1. Museum Adityawarman

Foto: Internet

Mari kita awali perjalanan dari objek wisata pendidikan dan kebudayaan ini. Tidak hanya rumah bagonjong, pernak-pernik adat minang pun dapat kita jumpai disini. Prasejarah suku minang kabau sampai replika makanan juga dipajang di dalam Museum. Cocok disambangi untuk yang ingin mengenal Sumatera Barat lebih dalam.

2. Pantai Padang

Foto: Internet

Perubahan pada badan Pantai Padang saat ini mulai menarik kembali minat pengunjung. Tidak hanya sebagai tempat untuk menyaksikan senja atau sunset, sebagian pengunjung menghabiskan waktunya untuk berolahraga, berswafoto, serta melirik teempat ngopi dan ngafe. Lokasinya tidak jauh dari lokasi Museum Adityawarman, membentang dari daerah Purus hingga Muara Batang Arau, di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

3. Masjid Al-Hakim Padang

Foto: Detik

Masjid dengan aksen gaya Taj Mahal ini masih berada di tepi Pantai Padang. Masjid berwarna putih yang elegan cocok untuk menjadi latar belakang berswafoto sambil menikmati wisata religi dan keindahan laut Kota Padang.

4. Kota Tua Padang

Foto: Internet

Berada di Kota Tua Padang seakan mengantarkan pengunjung kepada masa lampau Kota Padang. Bangunan-bangunan lawas yang masih kokoh ini menyimpan sejarah yang menarik untuk dipelajari. Disamping sejarah, di Kota Tua pengunjung akan menemukan etalase keragaman budaya non minang, mulai dari Tionghoa, India, Melayu dan Nias.

5. Jembatan Siti Nurbaya

Foto: Internet

Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah satu akses menuju Taman Gunung Padang atau Taman Siti Nurbaya. Disini pemandangan rumah-rumah diperbukitan akan terlihat keren ditambah pemandangan dermaga dengan kapal-kapal berjejer di pinggir sungainya.

6. Taman Gunung Padang atau Taman Siti Nurbaya

Selain menikmati sensasi mendaki bukit, Gunung Padang juga menyajikan panorama laut biru Kota Padang dari ketinggian 80 meter diatas permukaan laut. Saat mendaki bukit, secara tidak sadar Gunung Padang mengingatkan sepenggal sejarah pada masa penjajahan dan legenda cinta Siti Nurbaya.

7. Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang

Foto: Internet

Jika dari parkiran wisata Gunung Padang tadi, lalu kita mengambil jalan kanan yang menanjak maka panorama Pantai Air Manis akan terlihat. Selain pantai yang lebih luas, pengunjung juga bisa menikmati berswafoto dengan batu legenda Malin Kundang dan berkeliling pantai dengan motor ATV.

8. Pantai Carolina Bungus

Foto: Internet

Salah satu yang unik yang terdapat di Pantai ini adalah banyaknya aktifitas nelayan yang bergotong-royong mencari ikan, masyarakat menyebutnya Maelo Pukek. Pantai Carolina masih terletak di area Kota Padang, sekitar 20 KM dari pusat kota.

9. Pantai Nirwana

Foto: SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pantai Nirwana terletak Padang Selatan, di daerah Pelabuhan Teluk Bayur. Di pantai ini pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling-keliling bibir pantai dan juga dapat menyewa peralatan camping apabila ingin merasakan sensasi menginap di bibir pantai.

10. Pulau Pasumpahan

Foto: Jejak Kenzie

Pulau Pasumpahan dianggap sebagai pulau terindah di Kota Padang, untuk sampai kesini pengunjung harus menyebrang dengan speed boat dari Teluk Bungus. Pulau yang menyimpan sejuta keindahan diatas dan dibawah air.

11. Pulau Sirandah

Foto: Istimewa

Pulau Sirandah terletak diseberang Pulau Pasumpahan, dapat ditempuh selama 45 menit dari Teluk Bungus. Selain tersedia musholah, rumah inap dan rumah makan, beragam aktivitas ditawarkan di Pulau ini. Cocok untuk para plesir yang tidak terlalu suka pantai yang ramai.

Source link